Kamis, 22 April 2010

RPP SMP KELAS 1 SEMERTER II

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama sekolah : SMP ANTARTIKA SURABAYA
Mata pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas : VII
Semester : II
Pertemuan : Pertama
Alokasi waktu : 2 x 40 menit
A. Standar Kompetensi
Menerapkan hukum bacaan nun mati atau tanwin dan mim mati
B. Kompetensi Dasar
Menjelaskan hukum bacaan nun mati atau tanwin dan mim mati
C. Indikator
Mampu menjelaskan hukum bacaan nun mati atau tanwin dan mim mati
Mampu menyebutkan macam- macam hukum bacaan nun mati atau tanwin dan mim mati
Mampu menjelaskan contoh-contoh hukum bacaan nun mati atau tanwin dan mim mati
D. Materi Pembelajaran
Hukum bacaan nun mati atau tanwin dan mim mati
E. Langkah- langkah pembelajaran
Waktu Langkah pembelajaran Metode Bahan
5’ Kegiatan awal
2’

3’ 1. Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca do’a.
2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
Ceramah
Perangkat pembelajaran

60’ Kegiatan inti
15’


5’

15’


25’


1. Guru menjelaskan materi pelajaran tentang pengertian hukum bacaan nun mati atau tanwin dan mim mati.
2. Siswa dikelompokan menjadi empat kelompok.
3. Setiap dari empat kelompok mendiskusikan materi yang diberikan oleh guru.
4. Perwakilan tiap kelompok dimintakan untuk mempresentasikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok lain menanggapi. ceramah


Diskusi

Demontrasi Tanya jawab.
Uraian Materi

Uraian materi


Hasil diskusi

15’ Kegiatan akhir
5’
10’ 1. Guru memberikan penguatan materi
2. Guru mengevaluasi dengan cara memberi pertanyaan dan memberi kesempatan untuk menyimpulkan materi yang telah di pelajari. Ceramah
Tanya jawab
2’ Kegiatan tindak lanjut
2’ Guru meminta siswa untuk membuat ringkasan materi yang telah diajarkan. Penugasan

F. Alat, bahan dan sumber belajar
1. Al-Qur’an dan terjemahannya
2. Buku Paket Pendidikan Agama Islam ke;as VII
3. Lembar Kerja Siswa PAI
G. Evaluasi
a. Jenis Evaluasi : Performance, Tes Lisan. Tes tulis.
b. Instrumen evaluasi: Terlampir.
c. Penskoran: Terlampir

Lampiran 1
B. Instrumen Evaluasi
a. Tes Tulis dan Tes lisan.
b. Performance.
Penilaian diarahkan pada:
1. Kemampuan praktek membaca hukum bacaan nun mati dan mim mati
2. Kemampuan berpartisispasi dalam kelompok
3. Kemampuan membaca Al Qur’an
4. Kemampuan mengidentifikasi tajwid
c. Penskoran

1. Format penilaian.
Aspek Penilaian Skor Catatan
A B C D
Tes tulis
Tes lisan
Performance

2. Rubrik penilaian
Tingkat pencapaian klasifikasi deskripsi. 10 – 9 = A atau sangat baik
8 - 7 = B atau baik
6 – 5 = C atau cukup
5 – 1 = D atau kurang

Surabaya, 6 Maret 2010

Guru Pendidikan Agama Islam


Dewi Nur Hasanah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar